Magang merupakan pelatihan kerja sebelum orang ingin melakukan perkerjaan yang tetap. Magang diluar negeri akan memberikan tantangan baru untuk hidup dan mencari nafkah di negeri orang. Manfaat dari mengikuti magang di luar negeri antara lain : berlatih mengenal dan mempelajari dengan budaya negeri lain, mendapatkan pengalaman baru yang dapat dicantumkan dalam CV saat melamar pekerjaan yang menjadi nilai tambah, dan sekaligus menikmati tinggal di luar negeri. Namun untuk mengikuti program magang ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam menjalani program magang di luar negeri, dan berikut hal-hal tersebut.

Persiapkan Diri Dengan Baik
Jika kamu ingin mengikuti program magang di luar negeri hendaknya kamu mempersiapkan segala sesuatu agar berjalan dengan baik. Pertama adalah kemampuan berbahasa kamu, karena bersosialisasi dengan masyarakat di luar negeri dituntut untuk menguasai bahasa mereka. Ikutilah kursus bahasa asing yang sesuai dengan negara yang akan dituju, semakin kamu mahir berbahasa asing semakin mudah pula kamu mendapat relasi agar kamu cepat dan mudah beradaptasi dan mengenal tempat itu. Biasanya bahasa merupakan masalah utama yang menjadi kendala dalam proses magang kamu, maka jangan segan untuk memakai kamus. Bayangkan jika bos kamu menyuruh untuk menulis suatu proyek dengan bahasa mereka namun kamu tidak mengerti apa yang dia katakan, maka pekerjaan kamu akan berantakan.

Kedua adalah surat-surat, syarat atau dokumen penting yang harus dibawa kesana. Misalnya VISA, formulir pendaftaran, pasport, dan sertifikat yang menjadi syarat umum untuk magang ke luar negeri. Ketiga adalah mental dan kepercayaan diri yang tinggi, dengan ini kamu mempunyai modal yang cukup kuat untuk berangkat magang ke luar negeri. Jangan sampai kamu merasa minder karena belum pernah naik pesawat atau ke luar negeri, dan mungkin ini yang membuat kamu kurang bisa bertahan disana dan ingin cepat pulang ke Indonesia.

share-scholarship-2-getscholars

Mempelajari Adat dan Budaya Negara Lain
Dalam tujuan praktek di luar negeri ada baiknya mempelajari adat dan budaya di negara tersebut. Ada juga negara yang melarang marah di tempat umum, memakai kaos warna merah, men yentuh kepala orang seperti di Thailand. Jika kamu tidak memperhatikan adat dan budaya di negera tersebut mungkin mereka akan merasa kesal terhadap kamu dan berujung pada kehidupan kamu selama magang di negara tersebut. Jika kamu bisa berlatih untuk menyesuaikan adat dan budaya mereka, maka akan mempermudah program magang disana

Lihat Kembali Anggaran Dana Kamu
Biaya merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk proses magang disana. Biasanya negara di Asia menawarkan biaya magang lebih rendah dari pada di Eropa. Biaya yang dikeluarkan meliputi biaya pendidikan, kesehatan, asrama, pengurusan dokumen, transportasi, dan lainnya bisa ditanyakan pihak yang mengurus program magang tersebut. Jadi rencanakan dengan baik besar biaya magang yang akan kamu bayar agar kamu bisa mengikuti magang sesuai keuangan kamu.

gerakan-skor-toefl-500

Rahasia TOEFL 550++
Dapatkan Tips & Trik cara menjawab soal-soal TOEFL dari Para Praktisi & Penerima Beasiswa dalam
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Passionate in digital marketing, business development and education.
Let’s making brighter future education and do something wonderful for Indonesia!

Leave a reply
2 Negara Favorit Magang di Luar NegeriLakukan 5 Langkah ini, Pasti dapat Beasiswa

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.