Studi lanjut didalam dan diluar negeri merupakan impian banyak orang. Mengenyam pendidikan di negara orang dengan bahasa dan budaya yang berbeda akan menambah wawasan dan pengalaman. Akan tetapi impian tersebut jika direalisasikan agaknya tak semudah membalikkan telapak tangan. Kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang cukup banyak. Meskipun sulit, biaya bukanlah alasan untuk meghalangi mimpi anda menjadi nyata. Solusi untuk mengatasi besarnya biaya adalah dengan mencari beasiswa. Saat ini sudah banyak beasiswa yang ditawarkan untuk pelajar Indonesia agar bisa melanjutkan kuliah ke luar negeri. Langkah-langkah berikut diharapkan dapat membantu anda dalam mencari beasiswa.

1. Update Informasi Tentang Beasiswa Yang Tersedia

Mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri untuk beasiswa tidaklah sedikit, untuk itu anda dianjurkan untuk mencari tahu beasiswa yang tersedia. Setelah mengetahui beasiswa yang tersedia, selanjutnya yang harus dilakukan adalah simak syarat yang diajukan. Kemudian, jika sesuai dengan kriteria maka daftarkan diri anda. Informasi tersebut dapat dicari melalui Universitas atau organisasi/badan yang bersangkutan. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan situs internet yang menyediakan informasi terbaru tentang beasiswa kuliah ke luar negeri.

2. Cari Informasi Mulai dari Sekarang

Beasiswa kuliah ke luar negeri cukup sulit untuk didapatkan, karena pemberi beasiswa benar-benar selektif dalam menjaring calon penerima beasiswa. Umumnya pemberian beasiswa baik untuk kuliah di dalam atau di luar negeri menetapkan syarat tertentu seperti ujian bahasa dan tes masuk tertentu. Agar dapat lolos seleksi maka anda harus menyiapkan diri jauh-jauh hari sebelum seleksi. Oleh karena itu, carilah informasi sedini mungkin. Semakin awal memperoleh informasi tentang beasiswa maka waktu yang digunakan untuk mempersiapkan diri juga semakin banyak.

3. Memperkirakan Biaya Hidup

Pada tahap tertentu biasanya akan ada permintaan untuk mengisi formulir mengenai kisaran biaya yang dibutuhkan. Jika kesulitan dalam memperkirakan biaya hidup di luar negeri, anda dapat mencari infromasi tentang pengalaman mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui buku pengalaman mahasiswa kuliah di luar negeri, blog-blog mahasiswa, katalog universitas, dan sumber lainnya.

4. Menulis Personal Statement

Saat mengisi formulir pendaftaran, calon penerima beasiswa akan diminta pula untuk menuliskan pernyataan pribadi (personal statement). Isi dari personal statement adalah alasan kenapa si calon berhak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Menulis personal statement tidak dapat diremehkan, jadi dalam menulisnya anda harus benar-benar serius dan berikan alasan yang tidak umum serta tidak egois. Alasan yang tidak egois misalnya, anda adalah lulusan S1 pendidikan ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri karena nantinya ingin memajukan pendidikan indonesia. Jadi bukan hanya meningkatkan kemampuan diri sendiri tapi juga memberi kebermanfaatan untuk sekitar.

5. Persiapkan Diri Untuk Wawancara

Pada tahap wawancara terkadang calon penerima beasiswa diminta presentasi. Akan tetapi tergantung pihak penyelenggara, ada yang melibatkan presentasi dalam wawancara atau hanya wawancara saja. Materi wawancara sebenarnya sama dengan personal statement. Jadi pihak pemberi beasiswa akan menilai mengapa anda lebih berhak mendapatkan beasiswa dibandingkan dengan calon penerima beasiswa lainnya. Jadi berikan jawaban terbaik dan benar-benar spesifik. jangan memberikan jawaban yang sifatnya umum atau cenderung malas berpikir. Tunjukkan bahwa anda memang pantas untuk memperoleh beasiswa tersebut.

Berdasarkan lima langkah tersebut, sebenarnya hal yang paling mendasar dan harus dilakukan calon penerima beasiswa adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa ke luar negeri. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Rahasia TOEFL 550++
Dapatkan Tips & Trik cara menjawab soal-soal TOEFL dari Para Praktisi & Penerima Beasiswa dalam
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Passionate in digital marketing, business development and education.
Let’s making brighter future education and do something wonderful for Indonesia!

Leave a reply
Ingin Magang Diluar Negeri ? Simak Tips ini duluSebelum mendaftar LPDP 2017, Baca ini dulu

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *