Berburu beasiswa untuk dapat menempuh studi ke luar negeri adalah mimpi dari banyak orang. Mereka ingin terus mengembangkan diri dengan keluar dari zona nyaman saat ini. Ya, selain mendapatkan ilmu, pengalaman lain yang tidak ditemukan di negara kita juga sudah menanti. Tapi terkadang, butuh keberanian besar untuk dapat keluar dari zona nyaman. Tak sedikit dari calon mahasiswa yang berkeinginan studi ke luar negeri pesimis terhadap kemampuanyang dimiliki, baik dari segi finansial maupun mental.

Sebenarnya, dugaan-dugaanmu selama ini belum tentu benar. Jika kalian mau banyak membaca semua rasa takut dan pesimis yang ada itu akan terjawab. Jadi, jangan hanya menduga-duga, tapi juga cari tahu kebenarannya. Nah, berikut ini disajikan penjelasan singkat atas jawaban dari dugaan negatif yang sering muncul.

Biaya Mahal

Apakah benar biaya untuk kuliah di luar negeri mahal ? Memang benar, tapi itu tidak berlaku secara mutlak. Kamu bisa menikmati studi di luar negeri dengan bantuan dana atau beasiswa. Cari tahu sebanyak mungkin tentang beasiswa yang sesuai dengan studi tujuanmu.

Merasa Terancam (Bahaya)

Hidup dengan orang asing sering kali dinilai berbahaya. Memang di beberapa belahan negara tertentu, masyarakatnya kurang ramah dan ada tempat-tempat tertentu yang perlu dihindari. Tempat-tempat tertentu ya, bukan berarti semua tempat berbahaya. Jadi, kamu tidak perlu takut.

Bahasa Asing

Mampu berbicara dengan bahasa asing adalah kunci untuk dapat berkomunikasi engan baik di luar negeri. Tapi bagi kamu yang masih kurang percaya diri dengan bahasa asingmu, jangan khawatir terkadang kampus juga menyediakan kursus bahasa. Kursus tersebut memungkinkan kamu untuk memperbaiki penguasaan bahasa asingmu.

Bukan Kriteria Penilaian Kerja

Kuliah di luar negeri merupakan tiket emas kamu ketika melamar pekerjaan. Perusahaan akan melirik kamu dengan pengalamanmu saat hidup di luar negeri. Jadi kenapa masih ragu untuk menempuh studi ke luar negeri ?

Tidak Memiliki Teman

Apakah jumlah mahasiswa yang sangat banyak tidak dapat meyakinkan kamu untuk mendapatkan teman ? Kamu tidak perlu khawatir, jumlah mahasiswa internasional yang semakin meningkat membuatmu bisa menjalin pertemanan dengan mereka yang berasal dari berbagai negara.

Jadi, solusi dari semua rasa ketakutan kamu itu adalah mencari tahu sendiri keadaan yang sebenarnya. Jangan mudah terpengaruh dengan mitos-mitos yang dibuat orang-orang yang mungkin tidak tahu bagaimana kehidupan disana.

Rahasia TOEFL 550++
Dapatkan Tips & Trik cara menjawab soal-soal TOEFL dari Para Praktisi & Penerima Beasiswa dalam
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Passionate in digital marketing, business development and education.
Let’s making brighter future education and do something wonderful for Indonesia!

Daftar Negara dengan Sistem Pendidikan TerbaikHati-hati! Kamu pasti butuh TOEFL untuk 4 momen penting di hidupmu